EFEKTIVITAS BUKU BAHAN AJAR BAHASA ARAB TERBITAN LEMBAGA PENGEMBANGAN PONDOK PESANTREN MUHAMMADIYAH (LP2M) DALAM MENINGKATKAN MAHARAH KALAM DI PP MBS AL AMIN BOJONEGORO

Authors

  • Ibnu Habibi STIT Muhammadiyah Bojonegoro
  • M. Arif Susanto STIT Muhammadiyah Bojonegoro
  • Fenty Zulfa STIT Muhammadiyah Bojonegoro

DOI:

https://doi.org/10.46773/imtiyaz.v7i1.556

Abstract

Lembaga Pengembangan Pesantren Muhammadiyah (LP2M) telah menerbitkan buku bahan ajar berbahasa Arab yang diperuntukkan kepasa pondok pesantren Muhammadiyah. Dalam pelaksanaannya, buku tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Arab santri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas penggunaan buku berbahasa arab dala meningkatkan maharah kalam santri PP MBS Al Amin Bojonegoro. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif sehingga pemanfaatan buku Ajar tersebut dapat diteliti lebih rinci mulai dari kelemahan hingga kelebihannya masing-masing, hingga dampaknya terhadap kemampuan santri. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sebagai hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan buku ajar bahasa Arab cukup efektif dalam meningkatkan maharah kalam santri PP MBS Al Amin Bojonegoro yang sebagian besar dapat mengikuti dan memahami materi. Adapun kendala yang dihadapai adalah tulisan berbahasa Arab belum bersyakkal/berharakat, kurangnya kompetensi ustadz bidang bahasa Arab, kurangnya alokasi waktu dalam pembelajaran, dan rendahnya kompetensi santri dalam pemahaman bahasa Arab

References

Abd. Wahab Rosyidi & Mamlu’atul Ni’mah. (2011). Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN-Maliki Press.

Abdul Basith, https://pwmu.co/104120/07/30/pesantren-muhammadiyah-kini-punya-buku-ajar-dengan-tiga-karakteristik/. diakses tanggal 8 September 2023

Acep Hermawan. (2009). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Ali Mudlofir. (2011). Aplikasi Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Bahan Ajar dalam Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Andi Prastowo. (2014). Panduan Kreatif Membuaat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Azhar Arsyad. (2003). Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya. Pustaka Pelajar : Yogyakarta.

Dadang Sunendar dan Iskandarwasid. (2009). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Departemen Pendidikan. (1998). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Grant Neville. (1988). Making the Most of Your Textbook. London: Longman Group.

https://suaramuhammadiyah.id/2019/05/03/buku-ajar-pesantren-muhammadiyah-diluncurkan/ . diakses tanggal 8 September 2023

Lexy J, Moleong. (2001). Metode Pnulisan Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mahmud Jaad Akaawi. (1987). Al-Muhasah al-Yaumiyyah bi al-Lugah al Arabiyah. Beirut: Dar al-jail.

Mintowati. (2003). Panduan Penulisan Buku Ajar. Jakarta :Depdikbud.

Muslich, Masnur. (2010). Text Book Writing: Dasar-Dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

----------, Text Book Writing : Dasar-Dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks (Sleman: Ar-Ruz, 2010)

Mustafa al- Ghalayin. (2005). Jami’ ad-Durus al-‘abiyah jilid I. Beirut: Dar al-kutub al- ‘ilmiyah.

Sofiah Rosyadi. (2019). Analisis Buku Ajar Bahasa Arab Madrasah Ibtidaiayah Kelas 1 Dari Kementrian Agama Republik Indonesia. Al Maqayis Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 6 (1), 2019 p-23381337 e-ISSN 2615-3890

Wina Sanjaya. (2008). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2023-03-25

Issue

Section

Articles