KEMAMPUAN METAKOGNISI SISWA KATEGORI CLIMBER DALAM MENYELESAIKAN MASALAH TRAPESIUM

Authors

  • Ratna Damayanti STAI Muhammadiyah Probolinggo
  • Pratiwi Dwi Warih Sitaresmi STAI Muhammadiyah Probolinggo
  • Nurhidayati Nurhidayati STAI Muhammadiyah Probolinggo
  • Nuryami Nuryami STAI Muhammadiyah Probolinggo
  • Tuhfatul Janan STAI Muhammadiyah Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.46773/aljabar.v1i1.282

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan metakognisi siswa kategori climber dalam menyelesaikan masalah trapesium dan proses jawaban siswa kategori climber dalam menyelesaikan masalah trapesium. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif untuk mendeskripsikan tingkatan kemampuan metakognisi siswa kategori climber dalam menyelesaikan masalah trapesium. Subjek penelitian ini adalah 1 siswa kelas 7 SMP Namira dengan kategori climber berdasarkan kategori Adversity Quotient. Data dalam penelitian ini diperoleh dari tes esai dan wawancara. Berdasarkan analisis data penelitian, diperoleh hasil bahwa kemampuan penyelesaian masalah trapesium siswa dengan kategori climber berada pada tingkatan reflective use. Siswa kategori climber tidak hanya memiliki kesadaran untuk menyelesaikan permasalahan saja. Tetapi siswa tersebut mampu melakukan refleksi individu dalam proses berpikirnya ketika menyelesaikan masalah. Siswa melakukan refleksi individu sebelum, ketika, dan sesudah proses penyelesaian masalah dengan mempertimbangkan langkah selanjutnya dan melakukan perbaikan hasil pemikirannya. Siswa menyadari dan memperbaiki kesalahan yang dilakukan dalam langkah-langkah penyelesaian masalah. Hal ini menunjukkan bahwa siswa kategori climber berada pada level reflective use berdasarkan level metakognisi.

Downloads

Published

2022-02-17

Issue

Section

Articles