PENGARUH PENERAPAN ALGORITMA TERHADAP PEMBELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR TADRIS MATEMATIKA STAI MUHAMMADIYAH PROBOLINGGO

Authors

  • Nurhidayati Nurhidayati STAI Muhammadiyah Probolinggo
  • Nuryami Nuryami STAI Muhammadiyah Probolinggo
  • Tuhfatul Janan STAI Muhammadiyah Probolinggo
  • Pratiwi Dwi Warih Sitaresmi STAI Muhammadiyah Probolinggo
  • Ratna Damayanti STAI Muhammadiyah Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.46773/aljabar.v1i1.283

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komputer saat ini semakin pesat, semua bidang ilmu membutuhkan keahlian komputer, sehingga pemahaman logika matematika dan pembelajaran komputer sangat penting bagi mahasiswa karena keduanya saling berhubungan. Berdasarkan pengalaman, masih banyak mahasiswa yang belum menguasai mata kuliah pemrograman komputer. Untuk mengatasi hal tersebut, dilakukan penelitian dengan menerapkan algoritma pada pembelajaran pemrograman komputer. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan algoritma terhadap hasil belajar mahasiswa dalam mempelajari pemrograman komputer. Sampel penelitian yaitu mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Probolinggo tahun akademik 2020/2021 yang terdiri dari dua kelompok (kelompok eksperimen dan kelompok kontrol). Setelah dilakukan penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Hasil belajar mahasiswa setelah diterapkan algoritma dalam setiap penyelesaian pemrograman lebih baik daripada mahasiswa yang memperoleh pembelajaran konvensional ditinjau dari keseluruhan mahasiswa; 2) Hasil belajar mahasiswa setelah diterapkan algoritma dalam setiap penyelesaian pemrograman lebih baik daripada mahasiswa yang memperoleh pembelajaran konvensional ditinjau dari KAM (tinggi, sedang dan rendah).

References

Barakbah, Ali Ridho, dkk. 2013. Logika dan Algoritma. Program Studi Teknik Informatika Departemen Teknik Informatika dan Komputer Politeknik Elektronika Negeri Surabaya.

Isroqmi, Asnurul. 2013. Penerapan Bahasa Just Basic Pada Pembelajaran Pemrograman Komputer di Program Studi Pendidikan Matematika Sekolah Tinggi Agama IslamProbolinggo. Jurnal Ripteksi Kependidikan PGRI, Vol. I(1) : 1-10.

Isroqmi, Asnurul. 2018. Kemampuan Mahasiswa Memahami Logika Pemrograman Komputer melalui Algoritma. Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 2(2) : 59-74.

Maulana, Gun Gun. 2017. Pembelajaran Dasar Algoritma Dan Pemrograman Menggunakan El-Goritma Berbasis Web. Jurnal Teknik Mesin (JTM), Vol. 06, Edisi Spesial.

Munir. 2016. Kontribusi Matematika dalam TIK. [Online]. http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/PRODI._ILMU_KOMPUTER/19660325 2001121-MUNIR/Presentasi_TIK/Kontribusi_Matematika_dalam_TIK.pdf.[22 September 2016].

Purnamasari, Detty. 2005. Materi Pengajaran: Algoritma dan Pemrograman. [Online]. http://detty.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/4659/ Pendahulu- an.pdf. [21 September 2016].

Ridho, dkk. 2013. Logika dan Algoritma. [Online]. http://entin.lecturer.pens.ac.id/Logika%20Algoritma/Buku%20Logika%20Alg oritma.pdf. [23 Mei 2017].

Saniman dan Fathoni, M. 2008. Pengantar Algoritma dan Pemrograman. Jurnal SAINTIKOM, Vol. 4(1) : 120-131.

Wahyudi, J. dan Berlian, R. 2013. Instruksi Bahasa Pemrograman ADT (Abstract Data Type) Pada Virus dan Loop Batch. Jurnal Media Infotama, Vol.9(2) : 64-77 [Online]. Tersedia : https://jurnal.unived.ac.id/index.php/jmi/issue/view/4 Yendri, Dodon. 2013. Bahan Ajar Algoritma dan Pemrograman I.

Downloads

Published

2022-02-17

Issue

Section

Articles