EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA MASJID AGUNG KOTA PROBOLINGGO

Authors

  • Abdur Rofiq STAI Muhammadiyah Probolinggo
  • Ratna Damayanti STAI Muhammadiyah Probolinggo
  • Tuhfatul Janan STAI Muhammadiyah Probolinggo
  • Pratiwi Dwi Warih Sitaresmi STAI Muhammadiyah Probolinggo
  • Nuryami Nuryami STAI Muhammadiyah Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.46773/aljabar.v1i1.284

Abstract

Pembelajaran matematika berbasis budaya (Etnomatematika) menjadi salah satu metode belajar   matematika melalui budaya kearifan lokal di masyarakat. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan objek-objek geometri matematika yang ada pada bangunan Masjid Agung Kota Probolinggo yang merupakan salah satu masjid terbesar di Kota Probolinggo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan etnografi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara metode observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukan arsitektur yang dimiliki masjid Agung Kota Probolinggo memiliki etnomatematika yang berkaitan dengan konsep geometri matematika meliputi segitiga, segienam, persegi, persegi panjang, lingkaran, balok dan tabung.

References

Aprillianti, I., Sunardi, S., & Yudianto, E. (2019). Etnomatematika pada Aktivitas Petani Kakao Desa Temuasri Sempu Banyuwangi sebagai Bahan Ajar Siswa. Saintifika : Jurnal Ilmu Pendidikan MIPA Dan MIPA, 21(1), 1—18. https://doi.org/https://doi.org/10.19184/saintifika.v21i1.9715

R. Richardo, “Peran Ethnomatematika Dalam Penerapan Pembelajaran Matematika Pada Kurikulum 2013,” LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), vol. 7, no. 2, p. 118, 2017.

Hamzah, A., &Muhlisrarini. (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Rajawali Pers

Yulianti, M. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Etnomatematika dengan Pendekatan Saintifik untuk Pembelajaran Matematika pada Materi Geometri SMK Bidang Teknologi. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 1, 10

Andarini, F. F., Sunardi, Lioni, A. M., Sugeng Didik, Pambudi, & Erfan, Y. (2019). Etnomatematika Pada Alat Musik Tradisional Banyuwangi Sebagai Bahan Ajar Siswa. Kadikma, 10(1), 45— 55.

Yusuf, A. M. (2014). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Prenadamedia Group.

Supriadi, Nanang, and Rani Damayanti. "Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa lamban belajar dalam menyelesaikan soal bangun datar." Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika 7.1 (2016): 1-9.

Downloads

Published

2022-02-17

Issue

Section

Articles