EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA MASJID AGUNG KOTA PROBOLINGGO
DOI:
https://doi.org/10.46773/aljabar.v1i1.284Abstract
Pembelajaran matematika berbasis budaya (Etnomatematika) menjadi salah satu metode belajar matematika melalui budaya kearifan lokal di masyarakat. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan objek-objek geometri matematika yang ada pada bangunan Masjid Agung Kota Probolinggo yang merupakan salah satu masjid terbesar di Kota Probolinggo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan etnografi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara metode observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukan arsitektur yang dimiliki masjid Agung Kota Probolinggo memiliki etnomatematika yang berkaitan dengan konsep geometri matematika meliputi segitiga, segienam, persegi, persegi panjang, lingkaran, balok dan tabung.References
Aprillianti, I., Sunardi, S., & Yudianto, E. (2019). Etnomatematika pada Aktivitas Petani Kakao Desa Temuasri Sempu Banyuwangi sebagai Bahan Ajar Siswa. Saintifika : Jurnal Ilmu Pendidikan MIPA Dan MIPA, 21(1), 1—18. https://doi.org/https://doi.org/10.19184/saintifika.v21i1.9715
R. Richardo, “Peran Ethnomatematika Dalam Penerapan Pembelajaran Matematika Pada Kurikulum 2013,” LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), vol. 7, no. 2, p. 118, 2017.
Hamzah, A., &Muhlisrarini. (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Rajawali Pers
Yulianti, M. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Etnomatematika dengan Pendekatan Saintifik untuk Pembelajaran Matematika pada Materi Geometri SMK Bidang Teknologi. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 1, 10
Andarini, F. F., Sunardi, Lioni, A. M., Sugeng Didik, Pambudi, & Erfan, Y. (2019). Etnomatematika Pada Alat Musik Tradisional Banyuwangi Sebagai Bahan Ajar Siswa. Kadikma, 10(1), 45— 55.
Yusuf, A. M. (2014). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Prenadamedia Group.
Supriadi, Nanang, and Rani Damayanti. "Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa lamban belajar dalam menyelesaikan soal bangun datar." Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika 7.1 (2016): 1-9.