PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DI MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP

Authors

  • Nuryami Nuryami STAI Muhammadiyah Probolinggo
  • Nurhidayati Nurhidayati STAI Muhammadiyah Probolinggo
  • Ratna Damayanti STAI Muhammadiyah Probolinggo
  • Tuhfatul Janan STAI Muhammadiyah Probolinggo
  • Pratiwi Dwi Warih Sitaresmi STAI Muhammadiyah Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.46773/aljabar.v1i1.330

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran reciprocal teaching terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa SMP di masa pandemi covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain Nonrandomized control Group Pretest-Posttest Design. Menerapkan dua pembelajaran di kelas eksprimen dengan model reciprocal teaching, di kelas kontrol dengan pembelajaran ekspositori. Sampel yang terpilih kelas VIII A sebagai kelas kontrol, kelas VIII B sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes berupa uraian. Tes uraian dirancang sesuai dengan indikator kemampuan komunikasi matematis siswa. Tes ini digunakan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi luas permukaan dan volume balok dan kubus. Pre-test yang diberikan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diuji dengan uji-U diperoleh nilai signifikasinya 0,638, yang artinya tidak ada perbedaan kemampuan komunikasi matematis awal siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sedangkan soal post-test diberikan kepada siswa setelah diberi perlakuan diuji dengan uji-t diperoleh nilai sig. nya yaitu 0,000 artinya terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa di pasa pandemi covid-19 antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh positif penggunaan model reciprocal teaching terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.

Downloads

Published

2022-03-09

Issue

Section

Articles