PENGENALAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA INTEGRASI HADITS KEPADA GURU UNTUK MEMBANGUN KARAKTER SISWA

Authors

  • M. Gunawan Supiarmo Universitas Mataram
  • Gilang Primajati
  • Eka Kurniawan
  • Dita Oktavihari

Abstract

Kondisi pelajar dan remaja Indonesia saat ini tengah mengalami krisis etika dan moral. Pelajar dan remaja kerap kali menjadi pelaku perbuatan asusila, melakukan tindak pidana, menyalahgunakan obat-obatan terlarang, dan berbagai bentuk pelanggaran lainnya. Hal tersebut tentu saja berdampak buruk bagi diri sendiri, keluarga, dan masyarakat. Maka diperlukan solusi yang tanggap untuk mengatasi permasalahan tersebut. Dalam bidang pendidikan, diperlukan upaya pengembangan dan perubahan kurikulum pada jenjang sekolah dasar untuk menanamkan nilai-nilai Islam dalam rangka membangun karakter siswa. Salah satunya dengan menerapkan pembelajaran matematika integrasi hadis. Kesadaran akan pentingnya penanaman nilai-nilai Islam, khususnya nilai hadis, dalam membangun karakter siswa seharusnya menjadi prioritas bagi guru dalam pembelajaran matematika. Akan tetapi, masih banyak guru yang belum mampu menguasai dan menerapkan pembelajaran terintegrasi, sehingga dalam pengabdian ini peneliti akan memberikan pengenalan pembelajaran matematika terintegrasi hadis kepada guru. Kemudian, diharapkan hasil pengabdian ini menjadi acuan dalam penerapan pembelajaran matematika, khususnya di sekolah dasar, untuk mencetak generasi yang tidak hanya mengenal matematika tetapi juga mendapatkan pendidikan karakter.

References

Abdussakir, R. (2017). Model Integrasi Matematika dan Al-Quran serta Praktik Pembelajarannya. Makalah Seminar Nasional Integrasi Matematika Di Dalam Al-Quran Dengan Tema “Build a Competitive and Intellectual Young Mathematician Through Mathematics Competition and Integrating Islamic Values in Mathematics Learning” Oleh HMJ Pendidikan Matematika IA, April, 1–16.

Anekasari, R. (2015). Paradigma Pendidikan Islam Multidimensional: Konsep dan Implikasinya dalam PAI di Sekolah/Madrasah. https://e-journal-old.uingusdur.ac.id/index.php/hikmatuna/article/view/474

Annisa, H., Ulum, M. M., Asnawi, M. H., & Arofah, N. L. (2024). Pembelajaran Matematika Integrasi (Materi Bilangan Pecahan dan Pengeluaran Zakat Mal Menurut Islam). MAXIMA : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 39–50. https://doi.org/10.30739/maxima.v1i2.2569

Auliarrahma, N. I., Solihah, C., Yulianah, Y., & Mulyana, A. (2024). Orientasi Pembentukan Karakter Individu yang Beretika: Peran Strategis Keluarga. Jurnal Parenting Dan Anak, 1(3), 14–14. https://doi.org/10.47134/jpa.v1i3.335

Fitrah, M., & Kusnadi, D. (2022). Integrasi Nilai-Nilai Islam dalam Membelajarkan Matematika Sebagai Bentuk Penguatan Karakter Peserta Didik. JURNAL EDUSCIENCE, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.36987/jes.v9i1.2550

Hamidah, I., & Susilawati, S. (2023). Pembelajaran Matematika Berintegrasi Nilai-Nilai Keislaman Dalam Pembentukan Karakter Siswa. Indonesian Journal of Teaching and Learning (IN℡), 2(1), 29–36.

Hapiz, A., Afifuddin, M., Annisa, H., Abdussakir, A., & Rofiki, I. (2019, May 11). Bilangan pecahan dalam al-Quran dan Hadits [Seminar and Workshop]. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (SENDIKA) 2019. http://eproceedings.umpwr.ac.id/index.php/sendika/article/view/637

Hasibuan, M. R., Rusydi, A. M., Syabrina, L., & Pitaloka, D. D. (2024). Inovasi Pendidikan Sebagai Upaya Menyelesaikan Masalah dalam Pendidikan. https://ejurnal.kampusakademik.my.id/index.php/jipm/article/view/226

Ilma, F., Irawan, W. H., & Abdussakir, A. (2024). Integrasi Nilai-Nilai Islam dalam Pembelajaran Matematika di Madrasah Ibtidaiyyah. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(3), Article 3. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i3.1367

Irmawati, I. (2024). Integrasi Nilai-Nilai Islam dalam Kurikulum PAI. AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam Dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584), 4(02), Article 02. https://doi.org/10.37680/almikraj.v4i02.5421.

Nasution, A. F. (2017). Implementasi Konsep Matematika dalam Al-Qur’an pada Kurikulum Madrasah. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.30596/edutech.v3i1.983

Prabowo, G., Hafid, A. N., & Bayani, M. (2024). Analisis Kebijakan Pendidikan Sekolah Dasar Prespektif Lingkungan Pendidikan Sekolah. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(4), Article 4. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i4.13890

Raharjo, R., Jayadiputra, E., Husnita, L., Rukmana, K., Wahyuni, Y. S., Nurbayani, N., Salamah, S., Sarbaitinil, S., Nazmi, R., Djakariah, D., & Mahdi, M. (2023). Pendidikan Karakter Membangun Generasi Unggul Berintegritas. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Rahim, M. K. (2024). Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar Negeri 116 Buton Kabupaten Buton. Ta’rim: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 5(3), Article 3. https://doi.org/10.59059/tarim.v5i3.1512

Rahma, F., Zain, A., Mustain, Z., & Rokim, R. (2024). Penguatan Nilai-Nilai Spiritual dan Moralitas di Era Digital melalui Pendidikan Agama Islam. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 6(2), 94–103.

Rosikhoh, D., & Abdussakir, A. (2020). Bilangan Pecahan dan Operasinya dalam Hadits. JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.26594/jmpm.v5i1.1800

Rosikhoh, D., Abdussakir, A., Ali, F., & Mukmin, M. I. (2022). Designing learning trajectory based on Qur’an and Hadith: A case of fractions at Madrasah Ibtidaiyah. https://ijtmer.saintispub.com/ijtmer/article/view/123

Shofiawanti, E., & Faizin, Z. (2024). Pembelajaran Matematika Pada Materi Relasi Fungsi Terintegrasi Nilai-Nilai Islami. Prosiding Webinar Penguatan Calon Guru Profesional, 594–606.

Silvatama, M. A., Kamila, N. N., Wijayanto, A., Sari, E., & Kholil, M. (2023). Penguatan Sikap Religius Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Bermuatan Nilai Islam. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1.135

Supiarmo, M. G. (2022). Penerapan Operasi Hitung dalam Hadits dan Implikasinya pada Pembelajaran Matematika. EDUPEDIKA: Jurnal Studi Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.60004/edupedika.v1i1.5

Tarmudi, S. (2019). Penanaman Nilai Nilai Pendidikan Islam melalui Pembelajaran Matematika. HIKMATUNA, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.28918/hikmatuna.v5i1.1860

Tira, Y., Suwandi, I., & Rifki, M. (2024). Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar Dalam Perspektif Islam. Murid: Jurnal Pemikiran Mahasiswa Agama Islam, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.51729/murid.21532

Wulandari, W., Diantini, A. S., Aksan, E. F., Helga, H., & Fitria, D. (2022). Pembelajaran Matematika Berbasis Islam (3). 2(3), Article 3. https://doi.org/10.36085/jimakukerta.v2i3.4392

Yunita, S., Manalu, A. E., Lubis, F. A., Cahyani, N. F., & Ulan, U. (2024). Peran Pendidikan Kewarganegaraan dalam Mengatasi Krisis Moral pada Pelajar di Era Globalisasi. Journal on Education, 6(3), Article 3. https://doi.org/10.31004/joe.v6i3.5664

Yusuf, A. (2023). Penguatan karakter pelajar: Perspektif merdeka belajar pada Era Post Truth (M. Tajab, I. Mualifah, & A. R. Karim, Eds.). The UINSA Press. https://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/3222/.

Downloads

Published

2024-11-13

Issue

Section

Articles