UPAYA MENINGKATAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS VII MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PAI DAN PKN DI SMP ISLAM RIYADLUS SHOLIHIN
DOI:
https://doi.org/10.46773/djce.v1i2.383Keywords:
kata kunci, Kedisiplinan, Pembelajaran PAI dan PKNAbstract
Tujuan pada penelitian ini adalah mengetahui usaha para guru dalam meningkatkan kedisiplinan siswa disekolah melalui pembelajaran PAI dan PKN di SMP islam Riyadlus Sholihin. Penilitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK) dan teknik penelitian yang digunakan yaitu teknik kuantitatif dan deskripsi kualitatif. Data diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang sudah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VII A SMP islam Riyadlus sholihin terdapat 9 siswa yang bermasalah. Setelah dilakukannya perubahan model dan strategi pembelajaran di mata pelajaran PAI dan PKN, jumlah siswa yang mencapai kriteria kedisiplinan makin meningkat. Penelitian dilakukan dengan 2 siklus, pada siklus pertama, dari 32 siswa terdapat 68.7% - 73.4 % siswa yang sudah disiplin dan pada siklus kedua juga mengalami kenaikan dari siklus pertama yaitu 74.9 % - 89.0% siswa yang disiplin. Guru PAI dan PKN SMP islam Riyadlus sholihin dalam upaya meningkatkan kedisiplinan siswa dengam memberikan suatu nasihat dan contoh perilaku secara nyata terhadap siswa dan juga memberikan sanksi dengan tujuan untuk menakut nakuti siswa yang bermasalah.
References
Bungin, B. (2003). Analisis Data Penelitian Kualitatif Pemahaman Filosofis dan Metodologis ke Arah Penguasaan Model Aplikasi (Jakarta: PT RajaGrafindo Persada).
Drajat, Z. and dkk (eds.) (2006). Ilmu Pendidikan Islam, Drajat, Z. and dkk (eds.) (Jakarta: Bumi Aksara).
Dyah, Y. and ., K. (2014). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Kepemimpinan Pada Peserta didik di SMA Al-Hikmah Surabaya. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan 4.
Musfiqon (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan, and others (ed.) (Jakarta: Prestasi Pustakarata).
Pendidikan, N. D. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi III, and others (ed.) (Jakarta: Balai Pustaka).
Sugiyono (2014). Memahami Penelitian Kualitatif (Bandung: Alfabeta).
Wulandari, M. (2014). Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Melalui Proses Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmiah PPKn IKIP Veteran Semarang 2.
Arma Abdullah & Agus Manadji. (1994). Dasar-Dasar Pendidikan Jasmani. Jakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan
Hamzah B.Uno. (2006). Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Hurlock, Elizabeth B. (1978). Perkembangan Anak Jilid 2. Jakarta: Erlangga
Maria J. Wantah. (2009). Pengembangan Disiplin Dan Pembentukan Moral Pada Anak Usia Dini. Jakarta: yayasan obor Indonesia
Moh. Uzer Usman. (2010). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Mulyasa. (2010). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset
R. I Sarumpaet. (1990). Rahasia Mendidik Anak. Bandung: Indonesia Publishing House
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Achmad Fatahilah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.