UPAYA MENINGKATAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS VII MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PAI DAN PKN DI SMP ISLAM RIYADLUS SHOLIHIN

Authors

  • Achmad Fatahilah Sekolah tinggi agama muhammadiyah probolinggo
  • Ridho Achmad
  • Sulaiman Jaeng

DOI:

https://doi.org/10.46773/djce.v1i2.383

Keywords:

kata kunci, Kedisiplinan, Pembelajaran PAI dan PKN

Abstract

Tujuan pada penelitian ini adalah mengetahui usaha para guru dalam meningkatkan kedisiplinan siswa disekolah melalui pembelajaran PAI dan PKN di SMP islam Riyadlus Sholihin. Penilitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK) dan teknik penelitian yang digunakan yaitu teknik kuantitatif dan deskripsi kualitatif. Data diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang sudah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VII A SMP islam Riyadlus sholihin terdapat 9 siswa yang bermasalah. Setelah dilakukannya perubahan model dan strategi pembelajaran di mata pelajaran PAI dan PKN, jumlah siswa yang mencapai kriteria kedisiplinan makin meningkat. Penelitian dilakukan dengan 2 siklus, pada siklus pertama, dari 32 siswa terdapat 68.7% - 73.4 % siswa yang sudah disiplin dan pada siklus kedua juga mengalami kenaikan dari siklus pertama yaitu 74.9 % - 89.0% siswa yang disiplin. Guru PAI dan PKN SMP islam Riyadlus sholihin dalam upaya meningkatkan kedisiplinan siswa dengam memberikan suatu nasihat dan contoh perilaku secara nyata terhadap siswa dan juga memberikan sanksi dengan tujuan untuk menakut nakuti siswa yang bermasalah.

References

Bungin, B. (2003). Analisis Data Penelitian Kualitatif Pemahaman Filosofis dan Metodologis ke Arah Penguasaan Model Aplikasi (Jakarta: PT RajaGrafindo Persada).

Drajat, Z. and dkk (eds.) (2006). Ilmu Pendidikan Islam, Drajat, Z. and dkk (eds.) (Jakarta: Bumi Aksara).

Dyah, Y. and ., K. (2014). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Kepemimpinan Pada Peserta didik di SMA Al-Hikmah Surabaya. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan 4.

Musfiqon (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan, and others (ed.) (Jakarta: Prestasi Pustakarata).

Pendidikan, N. D. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi III, and others (ed.) (Jakarta: Balai Pustaka).

Sugiyono (2014). Memahami Penelitian Kualitatif (Bandung: Alfabeta).

Wulandari, M. (2014). Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Melalui Proses Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmiah PPKn IKIP Veteran Semarang 2.

Arma Abdullah & Agus Manadji. (1994). Dasar-Dasar Pendidikan Jasmani. Jakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan

Hamzah B.Uno. (2006). Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Hurlock, Elizabeth B. (1978). Perkembangan Anak Jilid 2. Jakarta: Erlangga

Maria J. Wantah. (2009). Pengembangan Disiplin Dan Pembentukan Moral Pada Anak Usia Dini. Jakarta: yayasan obor Indonesia

Moh. Uzer Usman. (2010). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Mulyasa. (2010). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset

R. I Sarumpaet. (1990). Rahasia Mendidik Anak. Bandung: Indonesia Publishing House

Downloads

Published

2022-07-26

Issue

Section

Articles