IMPLEMENTASI SEKOLAH ADIWIYATA DI LEMBAGA YAYASAN NURIDDAHLANI TAROKAN BANYUANYAR PROBOLINGGO

Authors

  • Robiatul Adawiyah
  • Aries Dirgayunita
  • Devy Habibi Muhammad

DOI:

https://doi.org/10.46773/djce.v1i2.429

Abstract

Isu tentang penerapan hidup dengan new normal yang ditandai dengan penggunaan protokol kesehatan yang cukup ketat selama masa pandemi covid 19 ini   membuat semua aktivitas belajar mengajar menjadi sedikit terganggu dan terpaksa proses belajar pun dilaksanakan secara daring. Namun, akhir-akhir ini pemerintah mulai membuka kembali aktivitas sekolah secara offline atau kembali ke sekolah. Sebagaiamana lingkungan sekolah merupakan habitat para pejar dalam menimba ilmu pegetahuan dan tempat berproses dalam membangun karakter. Berdasarkan hal itu maka perlunya menciptakan lingkungan yang sehat dan ramah lingkungan. Dalam menciptakan sekolah ramah lingkungan sesuai dengan peraturan menteri lingungan hidup yang bekerja sama dengan menteri pendidikan dan kebudayaan pada tahun 2006 tentang program sekolah adiwiyata. Dalam hal   ini pendampingan dilakukan di salah satu yayasan yang terdiri dari tiga lembaga yaitu SMP, MTs, dan MA serta pondok pesantren putra dan putri Nuriddahlani dengan mengusung tema Implementasi sekolah adiwiyata di yayasan Nuriddahlani Tarokan, Banyuanyar, Probolinggo. Peserta dampingan terdiri dari seluruh siswa dan dewan guru yang ada di tiga lembaga tersebut.

Kata Kunci: Adiwiyata, Lingkungan Hidup, Madrasah

References

Aini, T. N., Akbar, S., & Winahyu, S. E. (2021). Implementasi Program Adiwiyata Berbasis Partisipatif Dalam Menumbuhkan Nilai-Nilai Karakter di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 30(1), 57. https://doi.org/10.17977/um009v39i12021p057

Ajeng Oktavita Larasati. (2020). MAdrasah Hebat Berwawasan Lingkungan (Studi Kasus Di RA Bina INSANI Al- MA’RUf). Jurnal Syntax Transformation, 1(9), 575—579.

Armiwaty, Lululang, M., & Ahmad Wahidiyat. (2021). PKM Penataan Lingkungan Sekolah di MTs Nurfadhilah. IPTEK: Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat, 1(1), 15. https://ojs.unm.ac.id/IPTEK/article/view/25628

Chamidah, N. (2020). IMPLEMENTASI KONSEP MADRASAH BERWAWASAN LINGKUNGAN (Studi Kasus di MAN Purworejo). Cakrawala: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Dan Studi Sosial, 4(1), 165—187. https://doi.org/10.33507/cakrawala.v4i1.217

Diyan Nurvika Kusuma Wardani. (2020). Analisis Implementasi Program Adiwiyata dalam Membangun Karakter Peduli Lingkungan. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 1(1), 60—73. https://doi.org/10.21154/sajiem.v1i1.6

Fahlevi, R., Jannah, F., & Sari, R. (2020). Implementasi Karakter Peduli Lingkungan Sungai Berbasis Kewarganegaraan Ekologis Melalui Program Adiwiyata di Sekolah Dasar. Jurnal Moral Kemasyarakatan, vol.1, no.(2), 57—63.

Herlina, E. S. (2022). Upaya Penerapan PAUD Adiwiyata. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(2), 652. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v7i2.6232

Julaiha, S., & Maula, I. (2019). Implementasi Manajemen Madrasah Adiwiyata di MAN 1 Samarinda. MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 353—367. https://doi.org/10.14421/manageria.2018.32-08

Nuzulia, S., Sukamto, S., & Purnomo, A. (2020). Implementasi Program Adiwiyata Mandiri Dalam Menanamkan Karakter Peduli Lingkungan Siswa. SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 6(2), 155—164. https://doi.org/10.15408/sd.v6i2.11334

Rezkita, S., & Wardani, K. (2010). KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DI SEKOLAH DASAR. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(2), 327—331.

Rokhmah, U. N. (2019). Pelaksanaan Program Adiwiyata Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 13(1), 67. https://doi.org/10.35931/aq.v0i0.133

Sari, A. P., & Nurizka, R. (2021). Implementasi sekolah adiwiyata di sd negeri serayu yogyakarta. Jurnal PGSD Indonesia (JPI), 7, 17—29.

Sumiatie; Marni ; Resviya; Ugang, Y. M. (2015). Laporan Pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat.

Downloads

Published

2022-08-02

Issue

Section

Articles