MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK MELALUI METODE DISKUSI SISWA SMP MIFTAHUL ARIFIN BANTARAN KABUPATEN PROBOLINGGO

Authors

  • Faridatul Mahwiyah STAI Muhammadiyah Probolinggo
  • Qurrota A’yun STAI Muhammadiyah Probolinggo
  • Febi Fatlika Nurussofiah STAI Muhammadiyah Probolinggo
  • Siti Khotijah STAI Muhammadiyah Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.46773/djce.v1i2.459

Abstract

Pendidikan merupakan suatu upaya serta sebuah usaha yang telah terencana yang bisa dapat mewujudkan suasana belajar agar supaya dapat bisa menciptakan peserta didik yang aktif.   Belajar adalah suatu kegiatan proses bisnis yang dapat dilakukan oleh seseorang guna untuk mendapatkan suatu perubahan dan tingkah laku yang baru sebagai suatu pengalaman di dalam lingkungan dan interaksinya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan prestasi akademik Akidah Akhlak SMP Miftahul Arifin melalui penerapan model pembelajaran Diskusi. Akidah Akhlak yaitu merupakan suatu   landasan atau dasar yang memegang peranan penting di dalam membentuk suatu kepribadian setiap orang muslim. Adapun subjek   pada penelitian ini adalah merupakan guru yang telah menerapkan pembelajaran berbasis diskusi pada peserta didik di SMP Miftahul Arifin. Dalam penelitian ini telah menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Berdasarkan dari hasil penelitian yang sudah dapat diketahui bahwa hasil belajar dari siswi dapat meningkat apabila diterapkan model pembelajaran yang berbasis diskusi, yaitu dari siklus I sampai ke siklus II dari hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa dalam siklus satu biasanya mencapai rata-rata 70%, dari nilai rata-rata ini pada kategori masih belum selesai, namun pada siklus dua prestasisi siswa meningkat rata-rata 80% untuk tipe penuh.

Kata Kunci : Hasil Belajar, Akidah Akhlak, Metode Diskusi

Author Biography

Faridatul Mahwiyah, STAI Muhammadiyah Probolinggo

Mahasiswa

References

Abbas, Z., Adawiyah, R., & Avivah, L. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Menggunakan Metode Diskusi Di MA Manbaul Hikam Tegalmojo Kecamatan Tegalsiwalan Kabupaten Probolinggo. 4(1), 459—468.

Ahmad, M., Tambak, S., & Siwal. (2018). PENERAPAN METODE DISKUSI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MURID PADA PELAJARAN FIQH. 15(1).

Ali, M., Prasetiya, B., & Halili, H. R. (2021). PENGARUH POLA ASUH DAN MOTIVASI ORANG TUA TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA MI MIFTAHUL JANNAH. 13(2), 20—29.

Bararah, I. (2017). Efektifitas Perencanaan Pembelajaran dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah. 7(1), 131—147.

Habibullah, A. H., Muhammad, D. H., & Susandi, A. (2022). NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER YANG TERDAPAT DALAM KISAH UMAR BIN ABDUL AZIZ. 4(1), 29—44.

Hartini, Y., Muhammad, D. H., & Susandi, A. (2021). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai- Nilai Ahlussunnah Wal Jama’ah Pada Siswa MTs Nurul Huda Kedopok Kota Probolinggo. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 464—472. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.2136

Ilmiah, J., & Hadi, A. L. (2020). MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING ( DALAM KAJIAN AQIDAH AKHLAK). 6(1), 26—44.

Karomah, A., Muhammad, D. H., & Susandi, A. (2021). Peranan Guru Mata Pelajaran Aqidah Dalam Menanamkan Nilai Keagamaan Pada Siswa MTs. Nurul Huda Kareng Lor Kedopok Probolinggo. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 562—570. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.2138

Kosim, M. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter Di Era Industri 4.0: Optimalisasi Pendidikan Agama Islam Di Sekolah. 15(1), 88—107. https://doi.org/10.19105/tjpi.v15i1.2416

Maurin, H., & Muhamadi, S. I. (2018). Metode Ceramah Plus Diskusi dan Tugas Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 1(2), 65—76. https://doi.org/10.15575/al-aulad.v1i2.3526

Nabila. (2021). TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM. 2(5), 867—875.

Prasetiya, B. (2015). HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI PROFESIONALISME GURU PAI DAN MOTIVASI BELAJAR PAI DENGAN PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN PESERTA DIDIK. 03(02), 331—351.

Prasetiya, B. (2018). Dialektika Pendidikan Akhlak dalam Pandangan Ibnu Miskawaih dan Al-Gazali. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 10(2), 249—267. https://doi.org/10.30596/intiqad.v10i2.2381

Prasetiya, B., Rofi, S., & Setiawan, B. A. (2018). PENGUATAN NILAI KETAUHIDAN DALAM PRAKSIS PENDIDIKAN ISLAM. Journal of Islamic Education (JIE), 3(1), 1—15.

Rizkiya, A., Sa’dijah, C., & Mustafida, F. (2019). PENERAPAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK METERI POKOK AKHLAK TERPUJI KELAS X MIPA 1 MAN 1 KOTA MALANG. 4(3).

Yenni, F. (2021). Meningkatkan Prestasi Belajar Pelajaran Aqidah Akhlak Aspek Sifat Terpuji Melalui Metode Diskusi Kelompok Kelas VI MIN 1 Kota Banda Aceh Tahun Pelajaran 2016/2017. 5(1), 1—9.

Downloads

Published

2022-09-28

Issue

Section

Articles