PENERAPAN METODE DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKANKEAKTIFAN BELAJAR SISWAPADA MATA PELAJARAN AL-ISLAM KELAS XI KEPERAWATAN DI SMK MUHAMMADIYAH 1 KOTA PROBOLINGGO
DOI:
https://doi.org/10.46773/muaddib.v5i1.571Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan siswa kelas XII Keperawatan pada mata pelajaran Al-Islam dengan penerapan metode discovery learning dan metodelogi yang digunakan dalam penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam penelitian ini dilaksanakan dalam beberapa siklus dan juga digunakannya sebuah model spiral terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan juga refleksi yang menjadi subjek pada penelitian yaitu siswa kelas XI Keperawatan dimana siswa dalam kelas tersebut sejumlah 14 siswa yang terdiri dari 12 siswa perempuan dan 1 siswa laki-laki. Teknik penelitian ini yaitu teknik observasi, interview, dokumentasi, dan juga tes. Adapun hasil dari penelitian ini menujukkan bahwa pengembangan aktivitas siswa dalam pembelajaran implementasi metode discovery learning pada mata pelajaran Al-Islam Keperawatan Kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Kota Probolinggo pada semester gasal tahun ajaran 2021/2022. Setelah dilaksanakan program pembelajaran Al-Islam dengan berbagai kriteria pembelajaran melalui implementasi metode discovery learning pada siklus I terdapat 14 siswa diperoleh 71,42% siswa positif, sedangkan pada siklus II diperoleh rata-rata 94,28% Oleh karena itu,implementasi metode discovery learning dalam pembelajaran al-Islam dapat mengembangkan keaktifan siswa pada mata pelajaran Al-Islam pada kelas XI Keperawatan. Kata kunci: Metode Discovery Learning, Keaktifan Belajar Siswa, Pembelajaran Al-IslamReferences
Abdur, Rahman Wahid; Benny, Prasetiya; Heri, R. H. (2021). Peran Guru Madrasah Diniyah Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al- Qur ’ an. JURNAL Pendidikan Dasar Dan Keguruan, 6(2), 41—46. https://doi.org/10.47435/jpdk.v6i2.693
Apri Dwi Prasetyo, M. A. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan Kelas X SMA Negeri 1 Kabila. Jurnal Basicedu, 5(4).
Aqib, Zainal, dkk. (2011). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: Yrama Widya.
Hariandi, A., & Cahyani, A. (n.d.). Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Inkuiri Di Sekolah Dasar Ahmad Hariandi 1 , Ayu Cahyani 2 1, 2). 3(2), 353—371.
Hermansyah. (2020). Analisis teori behavioristik (edward thordinke) dan implementasinya dalam pembelajaran sd/mi. Jurnal Program Studi PGMI, 7(1), 15—25.
Jehaut, Y. A., Harini, H., & ... (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar PPKn pada Materi Sumpah Pemuda melalui Metode Role Playing. … Kusuma Negara II, 36—43.
Kusuma, W. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indeks.
Linawati Ningsih1, Nonik Kasiari2, Syafira Maharany3, B. P. S. (2022). Meningkatkan Motivasi Belajar dalam Pembelajaran Agama Islam melalui Metode Media Audio Visual pada Siswa Kelas 1 SD Negeri Gajugan Kabupaten Probolinggo. Al-Ibtidaiyah, 3(2), 61—73.
Mujayyanah, F., Prasetiya, B., & Khosiah, N. (2021). Konsep Pendidikan Akhlak Luqmanul Hakim ( Kajian Tafsir Al-Misbah Dan Al-Maraghi ). Jurnal Penelitian IPTEKS, 6(1), 52—61. https://doi.org/10.32528/ipteks.v6i1.5251
Novitasari, A., Herayanti, L., & Sukroyanti, B. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick terhadap Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 2(1), 36—40. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v2i1.111
Nurhayati, E. (2020). Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Quiziz Pada Masa Pencegahan Penyebaran Covid-19. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(3), 145—150. https://doi.org/10.34012/bip.v2i2.1729
Prasetiya, Benny;Maulid, A. (2021). Student Morality Behavior : A Contribution of Social Godliness and Religiosity. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 18(2), 375—388.
Prasetiya, benny etc. (2019). Bimbingan Orang Tua, Kedisiplinan dan Kosntribusinya Terhadap Pencegahan Perilaku Menyimpang. Shautut Tarbiyah, V, 25(2), 221—238.
Rano Kadir. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan Kelas X SMA Negeri 1 Kabila. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2).
Rohman, T. dan deni setyadi N. (2020). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mata Pelajaran PAI Di SMK Diponegoro Salatiga. Tarbawi, 05(02), 162—176.
Ulil, Hidayah, Benny, P. (2019). MULTICULTURAL EDUCATION IN MADRASAH DINIYAH AS PREVENTION OF RELIGIOUS CONSERVATISM. JURNAL TARBIYAH, 26(1), 168—184. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004