PERAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN AKHLAQ PADA KELUARGA PETANI DI KEDOPOK KOTA PROBOLINGGO

Authors

  • Moch Muhaimin STAI Muhammadiyah Probolinggo
  • Devy Habibi Muhammad STAI Muhammadiyah Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.46773/muaddib.v5i1.583

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan peran orang tua dalam membangkitkan moral generasi muda di Kedopok Probolinggo. Para peneliti di lapangan telah menemukan bahwa orang tua yang hanya memberikan saran atau panutan mungkin tidak mendengarkan masa mudanya, dan anak muda sering meminta nasihat dari orang tua mereka. Pertanyaan penelitian dari penelitian ini adalah bagaimana peran orang tua dalam membangkitkan semangat juang di Kedopok Kota Probolinggo. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara dan observasi. Tujuan metode penelitian adalah untuk menggambarkan secara komprehensif dan mendalam realitas sosial objek penelitian dan berbagai fenomena yang terjadi di masyarakat sedemikian rupa sehingga menggambarkan ciri-ciri, dan pola-pola yang menggambarkan fenomena tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran orang tua merupakan pengasuh yang paling utama bagi anak-anak tersebut, karena selain mendidik anak, juga perilaku orang tua di lingkungan rumah. Pada dasarnya, adalah tanggung jawab orang tua untuk mendidik dan merawat anak-anaknya agar berakhlak lebih baik. Di dalam keluarga, anak-anak mengumpulkan pengalaman-pengalaman awal yang mereka gunakan sebagai bekal hidup mereka dan menerapkannya dalam kehidupan sosial.

References

Adilla, U., Lukman, L., & Noperman, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Menurut Islam Dalam QS. Luqman. JURIDIKDAS: Jurnal Riset …, 3(3), 309—314.

Agustina, R. H. (2016). PERAN ORANG TUA DALAM MEMBINA AKHLAK ANAK DI DESA ULAK BALAM Rt 01 Rw 01 KECAMATAN TANJUNG LUBUK KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR. 1(May), 1—175.

Apriani, K., Budjang, G., & Imran. (2018). Peran Orang Tua dalam Pendidikan Anak. Media.Nationalgeographic.Co.Id, 7.

Astita, W. (2016). PERAN ORANG TUA DALAM MENDIDIK AKHLAK ANAK DI DESA BANGUN JAYA KECAMATAN SUNGKAI UTARA LAMPUNG UTARA. Applied Microbiology and Biotechnology, 85(1), 2071—2079.

Bahar Agus Setiawan, Benny Prasetiya, S. R. (2019). Implementasi Tasawuf dalam Pendidikan Agama Islam: Independensi, Dialog, dan Integrasi. POTENSIA, 5(1), 64—78.

Benny, Prasetiya, Ulil, Hidayah, Aries, dirgayunita. (2019). Hubungan Gaya Kognitif dan Motivasi Berprestasi Dengan Hasil Belajar. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 1689—1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Habibah, A. L. (2019). PERAN ORANGTUA DALAM MEMBINA AKHLAK REMAJA DI DESA TEJOAGUNG METRO TIMUR KOTA METRO Di. 3, 1—162.

Harimulyo, M. S., Prasetiya, B., & Muhammad, D. H. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Risalatul Mu’awanah Dan Relevansinya. Jurnal Penelitian IPTEKS, 6(1), 72—89. https://doi.org/10.32528/ipteks.v6i1.5253

Jannah, M. (2019). Peranan Guru Dalam Pembinaan Akhlak Mulia Peserta Didik (Studi Kasus Di Mis Darul Ulum, Madin Sulamul Ulum Dan Tpa Az-Zahra Desa Papuyuan). Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 3(2), 137—165. https://doi.org/10.35931/am.v0i0.136

Masrofah, T., Fakhruddin, F., & Mutia, M. (2020). PERAN ORANG TUA DALAM MEMBINA AKHLAK REMAJA (Studi di Kelurahan Air Duku, Rejang Lebong-Bengkulu). TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 39. https://doi.org/10.30659/jpai.3.1.39-58

Maulidiyah, A. (2022). Implementasi pendidikan karakter religius Dalam membentuk kepribadian siswa DI Madrasah Tsanawiyah Miftahussalam Kecamatan Lumbang Kabupaten Probolinggo Pendahuluan. Islamic Educations, 8(2), 241—256.

Muhammad Al Fateh, Benny Prasetya, D. H. M. (2022). Pendidikan Akhlak Studi Pemikiran Syaikh Muhammad Nawawi Al-Bantani dan Ibnu Miskawaih Muhammad. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 148—156.

Nisa, I. K., & Ananda, A. (2021). Pemahaman Masyarakat Petani Terhadap Urgensi Pendidikan Bagi Anak di Nagari Parik Panjang Kecamatan Matur Kabupaten Agam. 4(3), 295.

Nurlela, & Eri Purwanti. (2020). Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Akhlak Peserta Didik. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Idarah, 6(1), 8—15. https://doi.org/10.54892/jmpialidarah.v5i1.53

Nurlela, & Eri Purwanti. (2022). Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Akhlak Peserta Didik. Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(1), 417—426. https://doi.org/10.54892/jmpialidarah.v5i1.53

Prasetiya, B. (2020). THE CRITICAL ANALYSIS OF MORAL EDUCATION IN THE PERSPECTIVE OF AL-GHAZALI, KOHLBERG AND THOMAS LICHONA. Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam, 6(1), 20—37.

Prasetiya, B. (2021). Metode Pendidikan karakter Religius paling efektif di sekolah. Academia Publication.

Prasetiya, B., & Hidayah, U. (2022a). JPDK : Volume 4 Nomor 2 Tahun 2022 Research & Learning in Primary Education Peran Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Sikap Keagamaan Peserta Didik Di SMP Islam Terpadu Permata. Research & Learning in Primary Education Peran, 4(2), 135—147.

Prasetiya, B., & Hidayah, U. (2022b). Peran Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Sikap Keagamaan Peserta Didik Di SMP Islam Terpadu Permata. Research & Learning in Primary Education Peran, 4(2), 135—147.

Prasetiya, B., Hidayah, U., & Adawiyah, R. (2020). RELIGIOUS FUNDAMENTALISM AMONG STUDENTS : Descriptive Study on Rohis Activist Students in Probolinggo City. CONCIENCIA: Journal of Islamic Education, 20(2), 97—108.

Prasetiya, B., Rofi, S., & Setiawan, B. A. (2018). PENGUATAN NILAI KETAUHIDAN DALAM PRAKSIS PENDIDIKAN ISLAM. Journal of Islamic Education (JIE), III(1), 1—15.

Riami, R., Habibi Muhammad, D., & Susandi, A. (2021). Penanaman Pendidikan Akhlak pada Anak Usia Dini Menurut Ibnu Miskawaih dalam Kitab Tahdzibul Akhlak. FALASIFA : Jurnal Studi Keislaman, 12(02), 10—22. https://doi.org/10.36835/falasifa.v12i02.549

Rofi, S., Prasetiya, B., & Setiawan, B. A. (2019). Pendidikan Karakter Dengan Pendekatan Tasawuf Modern Hamka dan Transformatif Kontemporer. Intiqad, 11(2), 396—414.

Safendi, R. (2018). Peran Orangtua Dalam Membentuk Akhlaq Anak Di Desa Sumber Sari Kecamatan Sekampung. 1—103.

Suryawati, D. P. (2016). Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Terhadap Pembentukan Karakter Siswa di MTs Negeri Semanu Gunungkidul. Jurnal Pendidikan Madrasah, 1(2), 314.

Syarifudin, A. (2016). Pembelajaran Kitab Akhlaq Lil Banin dan Implementasi dalam pembentukan Akhlaq Santri di Pondok Pesantren Anwarush Sholihin Purwokerto Selatan Kabupaten Banyumas. Bimbingan Dan Konseling Islam, 2(1), 1—12, 70—73.

Umroh, I. L. (2019). Peran Orang Tua dalam Mendidik Anak Sejak Dini Secaraa Islami di Era milenial 4.0. Ta’lim : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 2(2), 208—225.

Zalfha Nurina Fadhilah. (2020). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Akhlak Siswa di SMP Islam Al-Hidayah Jatiuwung Tanggerang. Jurnal Mediakarya Mahasiswa Pendidikan Islam, 01(01), 83—103.

Downloads

Published

2023-05-09

Issue

Section

Articles