TANTANGAN PEMBELAJARAN DARING DAN SOLUSI DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI SMA NEGERI 10 PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.46773/muaddib.v5i1.627Abstract
Pada artikel berikut bertujuan agar siswa dan siswi SMA Negeri 10 Palembang mengetahui adanya pelaksanaan pembelajaran daring yang merupakan salah satu ketentuan yang dijalankan oleh pemerintah negara Indonesia yang ditujukan untuk mengurangi penyebaran virus dari masa pandemi yang saat itu terjadi pada masyarakat Indonesia. Kebijakan yang diambil pemerintah Indonesia dalam aspek pendidikan ini mewajibkan adanya metode pembelajaran secara daring yang dilaksanakan oleh seorang guru dan siswa yang awalnya metode pembelajarannya berada di ruang kelas bertatap muka langsung dan berubah menjadi pembelajaran daring. Penulisan artikel berikut memakai susunan secara kualitatif yakni susunan yang dilakukan dengan proses pengumpulan berupa data dalam penelitian yang memakai kuesioner serta studi pustaka berupa kajian yang didapatkan dari artikel yang terkait dan jurnal ilmiah. Adapun solusi yang bisa dilakukan dari tantangan pemebalajran daring yakni dengan dengan diselenggarakannya program seperti pengembangan seorang guru yang ampuh, melibatkan seorang guru dalam program pengembangan profesionalisme, pengembangan kemampuan seorang guru yang dilakukan dari pelatihan dengan menggunakan teknologi secara digital, meningkatkan seorang guru agar aktif dalam berkegiatan secara ilmiah serta proses penataran untuk kualitas seni dalam berbahasa contohnya bahasa Inggris.References
Al Hakim, M. F., & Azis, A. (2021). Peran guru dan orang tua: Tantangan dan solusi dalam pembelajaran daring pada masa pandemic COVID-19. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 4(1).
De Liska, L. (2021). PROFESIONALISME GURU DALAM PEMBELAJARAN DARING SELAMA MASA PANDEMI COVID-19. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni, 10(1), 56-65.
Haryati, J. A. T. (2020). Tantangan Guru Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pendemi Di SD Negeri 01 Kebandungan Kecamatan Bantarkawung. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series (Vol. 3, No. 4, pp. 669-677).
Hoesny, M. U., & Darmayanti, R. (2021). Permasalahan dan Solusi Untuk Meningkatkan Kompetensi dan Kualitas Guru: Sebuah Kajian Pustaka. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 11(2), 123-132.
Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran daring masa pandemik Covid-19 pada calon guru: hambatan, solusi dan proyeksi. Karya Tulis Ilmiah UIN Sunan Gunung Djjati Bandung, 5(2), 1-10.
Lumbantobing, M. T., Samosir, A., & Tarigan, D. R. B. (2020). Tantangan Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-1. EJoES (Educational Journal of Elementary School), 1(2).
Mappapoleonro, A. M. (2019). Profesionalisme Guru PAUD Abad 21 dalam Mengembangkan Pembelajaran Kreativitas Anak Usia Dini. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara.
Putra, I. G. D. D., Saputra, I. M. G. N., & Wardana, K. A. (2021). Paradigma Pendidikan Abab 21 Di Masa Pandemi Covid-19 (Tantangan Dan Solusi). PINTU: Jurnal Penjaminan Mutu, 2(2).
Tambunan, N., & Siagian, I. (2020). Analisis lingkungan belajar dan aktivitas belajar daring siswa SMP pada masa pandemi covid-19. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 6(1).