NILAI PENDIDIKAN ISLAM DAN LINGKUNGAN PENDIDIKAN TELAAH HADITS TARBAWI
Abstract
Tulisan ini mengemukakan tentang pendidikan Islam dalam tataran sumber, teori tujuan serta membahas tentang keterkaitan lingkungan pendidikan yang hubungannya sangat erat dengan pendidikan Islam itu sendiri. Sesuai dengan tujuan utama pendidikan Islam yaitu menciptakan manusia yang berakhlak mulia. Maka dalam penelitian ini pembahasan akan dikaji berdasarkan hadits-hadits tarbawi dengan menemukan relevansi teks-teks hadits nabi dengan malasah Pendidikan dan lingkungan Pendidikan. Menggunakan rujukan berbagai kitab hadits dijadikan sebagai sumber penelitian dan analisis dengan content analysis. Terdapat pembahasan mengenai strategi mengamalkan nilai-nilai Pendidikan harus berani melalui proses yang tidak mudah karena lelahnya dalam mencapai tujuan Pendidikan akan menghasilkan manfaat dari ilmu dalam Pendidikan. Dengan memperhatikan lingkungan belajar yang baik sebagaimana dalam hadits Nabi bahwasanya memilih lingkungan belajar adalah keharusan dan menyediakan lingkungan Pendidikan belajar yang baik bagi penyelenggara Pendidikan akan menentukan keberhasilan dalam mencapai nilai-nilai Pendidikan yang dituju.References
Ayu putri. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Materi Gaya Magnet Melalui Metode Pembelajaran Demonstrasi Di Kelas V Mis T.I Al-Musthafawiyah. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, 11.
Darani, N. P. (2021). Kewajiban Menuntut Ilmu dalam Perspektif Hadis. Jurnal Riset Agama, 1(1), 133—144. https://doi.org/10.15575/jra.v1i1.14345
Firosad, A. M. (2015). Keluarga Harmonis Untuk Perkembangan Potensi Anak Yang Lebih Baik. Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan Dan Konseling Islami, 120—127.
Hadis, D. P. (n.d.). HAK DAN PERLINDUNGAN ANAK DALAM PERSPEKTIF HADIS Oleh: Azhariah Fatia*.
Indonesia, D. (1993). Konsep amar ma’ruf nahi munkar perspektif hadits.
—87.
Latifani Wardah. (2011). Penerapan Hadis Nabi Saw Tentang Etika Bertetangga (Studi Kasus di Desa Ngadipurwo Kec. Blora Kab. Blora Jawa Tengah. Penerapan Hadis Nabi Saw Tentang Etika Bertetangga (Studi Kasus Di Desa Ngadipurwo Kec. Blora Kab. Blora Jawa T, 1.
M, A. W. A. A.-T. A. L. I., Shi, A.-A., Kitab, D., Relevansinya, D. A. N., Kompetensi, D., & Dalam, G. (2017). > < } al-tarbiyah wa al- ta’li>>
Mawardi, I. Al. (2000). Sumber : Https://Islamiques.Net/.
Muslih, I. (2018). Membangun Akhlaq Santri Melalui Kajian Kitab Ta’Limul Muta’Allim. Prosiding Seminar Nasional Islam Moderat, 1, 187—195.
Nata, A. (2018). Pendidikan Islam Di Era Milenial. Conciencia, 18(1), 10—28. https://doi.org/10.19109/conciencia.v18i1.2436
Nurkamilah, C. (2018). Etika Lingkungan Dan Implementasinya Dalam. Jurnal Studi Agama - Agama Dan Lintas Budaya, 2, 136—148.
Pendidikan, A. P., & Islam, A. (n.d.). BAB III Pendidikan Agama Islam. 65—88.
Pendidikan, L., Qur, D. A.-, & Dan, A. N. (n.d.). Tasir tarbawi.
Permana, I. A., & Sudrajat, J. (2022). Pengelolaan Manajemen dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Mutu Pendidikan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(5), 1479—1487. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i5.590
Prakoso, B., Widana, I. D. K. K., & Subiyanto, A. (2021). Jurnal Manajemen Bencana ( JMB ). Jurnal Manajemen Bencana, 7(1), 59—76. https://doi.org/10.33172/jmb.v7i1.705
Prasetiya, B. (2019). Analisis Studi Korelasional Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. AL-MURABBI:, 5(2), 165—184.
Prasetiya, B., Rofi, S., & Setiawan, B. A. (2018). PENGUATAN NILAI KETAUHIDAN DALAM PRAKSIS PENDIDIKAN ISLAM. Journal of Islamic Education (JIE), III(1), 1—15.
Prasetya, B. (2014). Pengembangan Budaya Religius Di Sekolah. Jurnal Edukasi, 2(1), 473—485.
Qalbi, R. N. (2022). Efektivitas Pembiasaan Tadarus Alquran Pada Prestasi Belajar Mata Pelajaran Penndidikan Agama Islam Siswa Kelas VI SD Muhammadiyah Wiwitan Kecamatan …. Islamic Journal: Pendidikan Agama Islam, 117—124.
Rahayu, S. ulfa. (2021). Hadis Tentang Lapang Rezeki Dan Panjang Umur Dengan Shilaturrahim. 7(1), 90—102.
Rubini. (2015). HADITS TARBAWI TENTANG POTENSI ANAK ( FITRAH ) Oleh: Rubini Dosen STAIMS Yogyakarta. Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 4, 25—54.
Sahroh, A., & Rizkiyah, N. N. (2021). Nilai Kejujuran dalam Pendidikan Karakter : Studi Hadis Bukhari No. 5629. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(2), 335—366. https://doi.org/10.14421/njpi.2021.v1i2-6
Sakir, M. (2016). Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 12(1), 103. https://doi.org/10.21154/cendekia.v12i1.370
Sholeh, S. (2017). Pendidikan dalam Al-Qur’an (Konsep Ta’lim QS. Al-Mujadalah ayat 11). Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 1(2), 206—222. https://doi.org/10.25299/althariqah.2016.vol1(2).633
Sukmawati, H. (2013). Jurnal PILAR, Vol. 2, No. 2, Juli- Des’ , 2013 TRIPUSAT PENDIDIKAN. Jurnal Pilar, 2(2), 175—194.
Ulfah, M., Laelasari, E., & Mustaqiem, I. (2021). AS- SYAR ’ I : Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga AS- SYAR ’ I : Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga. AS- SYAR ’ I : Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga, 3(1), 85—94. https://doi.org/10.47476/as.v3i2.470
Ulil, Hidayah, Benny, P. (2019). MULTICULTURAL EDUCATION IN MADRASAH DINIYAH AS PREVENTION OF RELIGIOUS CONSERVATISM. JURNAL TARBIYAH, 26(1), 168—184. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Wiratama, A. (2011). Konsep Pendidikan Islam Dan Tantangannya Menurut Syed Muhammad Naquib Al-Attas. At-Ta’dib, 5(1), 27—41. https://doi.org/10.21111/at-tadib.v5i1.582
Zahrani, H., Dhobith, A., & Rubini, R. (2022). Epistemologi Pendidikan Islam. Al-Manar, 11(2), 58—68. https://doi.org/10.36668/jal.v11i2.423