PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB SISWA DI SD RIYADUSSHALIHIN KOTA PROBOLINGGO

Authors

DOI:

https://doi.org/10.46773/muaddib.v5i1.632

Abstract

Kedisiplinan merupakan suatu karakter yang harus dimiliki oleh setiap manusia karena hal ini tidak dapat terpisahkan dalam hidup dimanapun kita berada. Selain sifat disiplin yang harus dimiliki mansia adalah tanggung jawab, karena setiap mausia suatu saat akan dipertanyakan tanggung jawabnya. Maka dari itu disiplin dan tanggung jawab merupakan dua sifat yang saling berkaitan dan tidak boleh dipisahkan satu sama lain. Maka dari itu pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab harus mulai diterapkan sejak dini terutama dijenjang Pendidikan. Tanpa adanya kedua hal tersebut maka tidak menutup kemungkinan dapat merugikan diri sendiri dan orang lain. Dengan hilangnya dua karakter diatas tersbut maka kini dunia Pendidikan akan mengalami suatu kemunduran serta kemerosotan. Hal ini masih banyak ditemukan dalam dunia Pendidikan yakni diantaranya adanya siswa yang masih melanggar peraturan, tidak mengerjakan tugas, datang tidak tepat waktu(telat), bolos sekolah dan kurangnya rasa patuh terhadap guru. Dari beberapa hal diatas maka senantiasa sebagai seorang guru sangat diharapkan agar dapat membentuk karakter disiplin dan tanggung jawab pada peserta didik. Dari penelitian ini nantinya kita dapat mengetahui bagaimana peran guru Pendidikan agama islam dalam membentuk karakter disiplin dan tanggung jawab siswa di SD RIYADUS SHOLIHIN Kota probolinggo serta dapat mengetahui faktor penghambat dalam pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa di SD RIYADUS SHOLIHIN Kota probolinggo. Penelitian yang kami sajikan merupakan spenelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif dan pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi dan wawancara serta dokumentasi yang merupakan salah satu tekhnik pengumpulan data. Dalam memilih analisis data penulis menggunakan reduksi data serta penarikan kesimpulan.

References

Agem, Y. (2020). Peran guru pendidikan agama islam dalam membentuk karakter disiplin dan tanggung jawab siswa di smp ma’arif 5 ponorogo.

Alfat, M. (2018). akhlak terpuji dan akhlak tercela.

Amilda, U. R. 2020. (2019). Pembentukan Karakter Anak Usia Dinimelalui Pembiasaan.

Arifin, M. (n.d.). Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta : Bumi Aksara, 1991).

BennyPrastya. (2022). JPDK : Volume 4 Nomor 1 Tahun 2022 Research & Learning in Primary Education Hikmatul Hasanah Kecamatan Tegalsiwalan Kabupaten Probolinggo. 4, 447—458.

Darmiatun, D. dan S. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah (pp. 36—50).

Hamalik(Cet. VII, Jakarta: Bumi Aksara, 2008). (n.d.). Perencanaan Pembelajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem.

M.Hafidz. (2020). Kedisiplinan seorang murid.

Milfayetty, S. (2017). (n.d.). The Spirit of Goodness Sebagai Landasan Pemikiran dan Perilaku Konselor / Guru BK dalam Pelayanan Konseling.

Muh.Zein. (2020). Peran guru dalam pengembangan pembelajaran. 274—285.

Nurlela, & Eri Purwanti. (2020). Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Akhlak Peserta Didik. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Idarah, 5(1), 8—15. https://doi.org/10.54892/jmpialidarah.v5i1.53

Slameto. (n.d.). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Surajad, A. (2019). Pendidikan karakter di SDN 5 kota malang.

Tamami, B. (2018). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Pendidikan Karakter Siswa Di Sma Sultan Agung Kasiyan-Puger-Jember Tahun …. … : Jurnal Pendidikan Agama Islam.

Yovita diyah. (2020). PERAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SOSIAL DALAM BERMASYARAKAT. 11(September 2020), 153—161.

Yuhana, A. N. (2019). Optimalisasi Peran Guru Pendidikan Agama Islam sebagai Konselor dalam Mengatasi Masalah Belajar Siswa. 7(1).

Zaharah, H. (2019). Masalah Pendidikan 2005, Universiti Malaya 79. 79—95.

Downloads

Published

2023-05-07

Issue

Section

Articles