INTERNALISASI NILAI-NILAI KARAKTER RELIGIUS DI ERA TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DI MA MODEL MAULANA PROBOLINGGO
DOI:
https://doi.org/10.46773/muaddib.v5i1.670Abstract
Perkembangan teknologi pada abad ini bisa memberikan dampak positif dan dampak negatif bagi kehidupan manusia, baik dalam segi kehidupan, segi kewirausahaan, revolusi terhadap SDM manusia itu sendiri, terlebih dalam segi karakter. Dengan perkembangan teknologi tersebut karakter yang ada pada saat ini sudah degradasi dari kehidupan manusia. Karena terdampak dari hal negatif yang ditimbulkan oleh perkembangan teknologi, terlebih dikalangan pelajar ( SMA sederajat ). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami bagaimana internalisasi nilai-nilai karakter religius dalam pelajaran agama Islam pada era teknologi, yang dilakukan di Madrasah Aliyah Model Maulana Kota Probolinggo. Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk mengindentifikasi bagaimana pendidikan agama islam diinternalisasikan ke teknologi. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah pendidikan karakter dikalangan siswa pada era teknologi yang semakin canggih. Dengan mengimplementasikan pelajaran agama dengan teknologi sehingga siswa tidak terdampak akan negatifnya teknologi yang bisa dikatakan dapat merusak akal, sikap dan karakter siswa tersebut. Guru PAI sangat diharapkan penuh akan karakter religius siswa disekolah MA Model Maulana Kota Probolinggo, dengan menanamkan karakter religius melalui materi dan kegiatan sehari-hari.References
Agama, I., Negeri, I., & Curup, I. (2018). Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar di Era Digital. 2(1).
Artikel, I. (2018). PERAN TEKNOLOGI DALAM PENDIDIKAN DI ERA GLOBALISASI. 2(2), 94—100.
Guru, U., Dampak, M., & Kecanduan, N. (2022). JPDK : Volume 4 Nomor 1 Tahun 2022 Research & Learning in Primary Education Terhadap Siswa SMP Islam Hikmatul Hasanah Kecamatan Tegalsiwalan. 4, 478—489.
Ibtidaiyah, J. M. (2022). Muallimuna : jurnal madrasah ibtidaiyah. 1, 99—112.
Ihyaul, S., & Gresik, U. (2021). Internalisasi nilai-nilai Pendidikan Karakter melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah. 03(2), 24—31.
Islam, U., Hasan, Z., & Probolinggo, G. (2020). Internalisasi Kegiatan “ Jum ’ at Shodaqoh ” dalam Membentuk Sikap Kepedulian Sosial Siswa MA Nahdlatul Ulama ’ Kraksaan Probolinggo. 1(1), 14—27.
Jannah, M. (2020). Peran pembelajaran aqidah akhlak untuk menanamkan nilai pendidikan karakter siswa. 4(2). https://doi.org/10.35931/am.v4i2.326
Karakter, P. (2013). MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Nur Ainiyah Universitas Negeri Semarang Jawa Tengah Abstrak A . Pendahuluan Pendidikan karakter menjadi isu penting dalam dunia pendidikan akhir-akhir ini , hal ini berkaitan dengan fenomena dekadensi moral yang terjadi dite.
Keislaman, M., Islam, H., Xix, V., Issn, P., & Issn, O. (2021). No Title. XIX.
Parida, Asep Dudi, & Mulyani, D. (2022). Kegiatan Ekstrakurikuler Rohani Islam (ROHIS) dalam Pembentuan Karakter Religius Siswa di MAN 2 Kota Sukabumi. Bandung Conference Series: Islamic Education, 2(1), 49—56. https://doi.org/10.29313/bcsied.v2i1.2044
Prasetya, B. (n.d.). 9 pengembangan budaya religius di sekolah.
Salsabila, U. H., & Agustian, N. (2021). DALAM PEMBELAJARAN. 3, 123—133.
Sukarno, M. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter dalam Era Masyarakat 5.0. Prosiding Seminar Nasional 2020, 1(3), 32—37. https://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/ProsidingPsikologi/article/view/1353/7712
Tuban, N., & Sholat, M. (2021). No Title. 3(2), 54—61.