EVALUASI PROGRAM EXTRAKURIKULER BACA TULIS AL QUR’AN DI SD NEGERI BALOWERTI 2 KOTA KEDIRI
DOI:
https://doi.org/10.46773/muaddib.v5i1.952Abstract
Penelitian evaluasi ini bertujuan untuk mengevaluasi program ekstrakurikuler baca Al-Qur’an di SDN Balowerti 2 Kelurahan Kediri dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan teknik analisis data meliputi reduksi, presentasi, verifikasi, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek context dinilai baik karena program sudah sesuai dengan kebutuhan di SDN Balowerti 2 Kelurahan Kediri dan mendapat dukungan sumber daya yang memadai. Aspek input juga dinilai baik karena program telah memenuhi kriteria yang ditetapkan, seperti kompetensi pembina program, tersedianya sarana dan prasarana, serta jumlah siswa yang mengikuti program. Namun, aspek process dinilai cukup baik karena masih terdapat hambatan, terutama dalam hal kedisiplinan siswa. Sementara itu, aspek product dinilai kurang baik karena tujuan program belum tercapai secara maksimal, terlihat dari jumlah siswa yang berhasil membaca Al-Quran yang masih rendah dibandingkan dengan jumlah peserta program. Oleh karena itu, diperlukan perbaikan dalam pelaksanaan program untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
Kata kunci: Evaluasi, Program, Ekstrakurikuler ,Baca Tulis Al-Qur’an
References
Amirin dkk. (2013). Manajemen Pendidikan. UNY Press.
Ananda. (2017). Pengantar Evaluasi Program Pendidikan. Perdana.
Arifin. (2010). Model-Model Evaluasi Program. PT Remaja Rosdakarya.
Arikunto. (1993). Manajemen Penelitian. PT Raja Grafindo Perkasa.
Ayu Putri Rahmawati, K. & R. W. (2021). Evaluasi Program Ekstrakulikuler Baca Tulis Al Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Negeri Klaten. Cendikia, 15(1), 106–116. https://doi.org/10.30957/cendekia.v15i1.661.karena
Bazrafshan dkk. (2015). A Practical Framework for Evaluating Health Services Management Educational Program: The Application of The Mixed-Method Sequential Explanatory Design. Journal Research and Development Medical in Education, 4, 47–54.
Dakir dan Latifah Husien. (2017). Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). K-Media.
Darodjat & Wahyudhiana. (2015). Model Evaluasi , Measurement, Assessment, Evaluation. Islamadina. 1–28.
Departemen agama RI. (2015). Panduan Kegiatan Ekstrakurukuler Pendiidkan Agama Islam. Direktoriat Jendaral Kelembagaan Agama Islam.
Departemen Agama RI. (2015). Panduan Kegiatan Ekstrakurukuler Pendiidkan Agama Islam. Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam.
Fasih, A. R. (2016). Dasar-Dasar Pendidikan Islam Dalam. Jurnal Studi Pendidikan, XIV(1).
Hamalik. (2015). kurikulum dan pembelajaran. Bumi Aksara.
Human. (2000). Cara Cepat Membaca Al-Qur’an. Balai Litbang.
Idrus L. (2019). EVALUASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN Idrus L 1. Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran, 9(2), 920–935.
Isnan. (2016). Evaluasi Program Ekstrakulikuler Jurnalistik Menggunakan Model Context, Input, Process dan Product (CIPP) pada Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Pati. Universitas Negeri Semarang.
Junanto, S., & Kusna, N. A. A. (2018). Evaluasi Program Pembelajaran di PAUD Inklusi dengan Model Context, Input, Process, and Product (CIPP). Inklusi, 5(2), 179. https://doi.org/10.14421/ijds.050202
Limas Dodi. (2015). Metodologi Penelitian. Pustaka Pelajar.
Mansur. (2011). Pendidikan anak usia dini dalam islam. Pustaka Pelajar.
Mawardi, A. D., & Fadliah, R. (2020). Evaluasi Pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah Di Sekolah Dasar Negeri Kebun Bunga 6 Banjarmasin Timur Menggunakan Model CIPP. Lentera Jurnal Ilmiah Kependidikan, 15(1), 1–10.
Munthe, A. P. (2015). PENTINGYA EVALUASI PROGRAM DI INSTITUSI PENDIDIKAN: Sebuah Pengantar, Pengertian, Tujuan dan Manfaat. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 1. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i2.p1-14
Nurkholis. (2013). PENDIDIKAN DALAM UPAYA MEMAJUKAN TEKNOLOGI Oleh: Nurkholis Doktor Ilmu Pendidikan, Alumnus Universitas Negeri Jakarta Dosen Luar Biasa Jurusan Tarbiyah STAIN Purwokerto. Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi, 1(1), 24–44.
Prabowo. (2019). Hambatan Pelaksanaan Program Pendidikan Jarak Jauh Mahasiswa S-1 PGSD FIP UNY. UNY Press.
Pusat Data dan Informasi Pendidikan. (2003). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 (Vol. 49, Issue 0, pp. 1-33 : 29 pag texts + end notes, appendix, referen). Depdiknas.
Rustaman. (2021). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Inperial Bakti Utama.
Shilviana, K., & Hamami, T. (2020). Pengembangan Kegiatan Kokurikuler dan Ekstrakurikuler. Palapa, 8(1), 159–177. https://doi.org/10.36088/palapa.v8i1.705
Stufflebeam, L. D. dan Shinkfield, J. A. (1986). Systematic Evaluation: A Self-Instructional Guide to Theory and Practice. Kluwer-Nijhoff Publishing.
Sudirman. (2015). A Management Of Student Development (Prespektif Al Qur’an & As-Sunnah). Yayasan Indragiri.
Sudjana. (2006). Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah. PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2011). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.
Sukardi. (2014). Evaluasi Program Pendidikan dan Pelatihan. Bumi Aksara.
Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran. (2012). Kurikulum & Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada.
Wirawan. (2011). Evaluasi: Teori, Model Standar, Aplikasi, dan Profesi (Contoh Aplikasi Evaluasi Program: Pengembangan Sumber Daya Manusia, Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Pedesaan, Kurikulum, Perpustakaan, dan Buku Teks). Rajawali Pers.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Yuliana Nurul Islami, Binti Mar’atus, Fitri Amalia, Alfiatu Solikah, Muhammad Arman Maulana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.