PENERAPAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PEMASARAN ONLINE DI ERA GLOBALISASI

Authors

  • Febi Fatlika Nurussofiah STAI Muhammadiyah Probolinggo
  • Ummul Karimah STAI Muhammadiyah Probolinggo
  • Siti Khodijah STAI Muhammadiyah Probolinggo
  • Ulil Hidayah STAI Muhammadiyah Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.46773/djce.v1i2.329

Keywords:

Manfaat, Media Sosial, Bisnis Online

Abstract

Di Era Globalisasi ini kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi sangat pesat, terutama media sosial. Media sosial merupakan bagian dari internet yang memiliki fungsi salah satunya sebagai media yang digunakan untuk mempromosikan produk olahan makanan yang digunakan oleh pelaku usaha. Salah satu kunci sukses bagi seluruh bisnis dengan mengenal pelanggannya lebih dekat. Sosial media membuat proses komunikasi ini menjadi lebih mudah dibandingkan dengan masa sebelumnya. Media Sosial menggunakan teknologi berbasis web yang mengubah komunikasi menjadi dialog interaktif. Adapun tujuan peneliti adalah mengetahui bagaimana pemanfaatan media sosial dalam pemasaran bisnis yang berbasis online serta mengetahui bagaimana penerapan media social sebagai media pemasaran online di era globalisasi. Metode yang digunakan adalah metode pengabdian kepada masyarakat, pengambilan data dilakukan dengan melakukan wawancara serta dokumentasi kepada para pebisnis online bagaimana menerapkan media sosial sebagai sarana promosi produk di kalangan masyarakt tertama masyarakat pedesaan tepatnya di daerah Kecamatan Bantaran Kabupaten Probolinggo pada tahun 2022.

References

Basyar, K., & Sanaji. (2016). PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN DAN PERSEPSI MANFAAT TERHADAPNIAT BELI ULANG SECARA ONLINE DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. 8(2), 204—217.

Diningrum, D. F., Nuraini, E., Anisa, K., & Saputra, D. I. S. (2021). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA PROMOSI PADA BISNIS JAMUR CRISPI FEN CLAIRE. 2(1), 6—12.

Dwinurmala, L., Walahe, D., & Arifin, M. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Desa Paris Mootilango Gorontalo Melalui Pendampingan Budidaya Bawang Dayak dan Pembuatan Teh Bawang Dayak. 1(1).

Fitria, T. N. (2017). BISNIS JUAL BELI ONLINE (ONLINE SHOP) DALAM HUKUM ISLAM DAN HUKUM NEGARA Tira Nur Fitria STIE-AAS Surakarta. 3(01).

Harmelia, & Edriani, D. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Dalam Melakukan Jual Beli Online melalui Instagram. 11(1), 24—27.

Izzati, N. (2015). MOTIF PENGGUNAAN GADGET SEBAGAI SARANA PROMOSI BISNIS ONLINE DI KALANGAN MAHASISWA UIN SUNAN. 2(5), 374—380.

Nuriawati. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Pemasaran Dalam Bisnis Syariah. 1(1).

Prayogo, F., & Nurdian, Y. (2020). Resureksi Bawang Goreng Produk Unggulan Sumberdadap Tulungagung di Tengah Pandemi. 6(2).

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI ( Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House ). 3(1).

Rachmawaty, A., & Siagawati, M. (2019). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA MEMBUKA PELUANG BISNIS BAGI WARGA DI DESA SINDANGSARI. 6(1).

Saputra, A. (2019). SURVEI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DI KALANGAN USES AND GRATIFICATIONS. 207—216. https://doi.org/10.14203/j.baca.v40i2.476

Septiani, J., Widaaattullah, H., Akbar, R., & Sudiarto, B. (2021). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL UNTUK BISNIS ONLINE DI MASA PANDEMI COVID-19.

Situmorang, J. R. (2013). Pemanfaatan Internet Sebagai New Media Dalam Bidang Politik , Bisnis , Pendidikan Dan Sosial Budaya. 8(1), 77—91.

Vernia, D. M. (2017). OPTIMALISASI MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA PROMOSI BISNIS ONLINE BAGI IBU RUMAH TANGGA UNTUK MENINGKATKAN PEREKONOMIAN KELUARGA Dellia Mila Vernia. 1(2), 105—118.

Wahyuningtyas, Y. F., & Widiastuti, D. A. (2015). ANALISIS PENGARUH PERSEPSI RISIKO, KEMUDAHAN DAN MANFAAT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ONLINE (STUDI KASUS PADA KONSUMEN BARANG FASHION DI FACEBOOK. 23(2), 112—120.

Downloads

Published

2022-03-09

Issue

Section

Articles