PENGARUH PEMBELAJARAN ILMU PARENTING SEBELUM MENIKAH TERHADAP KEHARMONISAN KELUARGA MASYARAKAT KEBAYORAN BARU

Studi Kualitatif pada Keluarga di Kecamatan Kebayoran Baru

Authors

  • Alfian Nawary Sekolah Tinggi Dirasat Islamiyah Imam Syafi'i Jember
  • Teguh Dwi Cahyadi Sekolah Tinggi Dirasat Islamiyah Imam Syafi’i Jember

DOI:

https://doi.org/10.46773/usrah.v6i4.2430

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh pembelajaran ilmu parenting sebelum menikah terhadap keharmonisan keluarga di wilayah urban, khususnya Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data diperoleh melalui wawancara semi terstruktur terhadap pasangan suami istri dan anak remaja dari tujuh keluarga informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar informan belum mendapatkan pembelajaran parenting secara formal sebelum menikah, dan pengetahuan yang dimiliki umumnya diperoleh dari pengalaman pribadi, media sosial, atau tradisi turun temurun. Minimnya pemahaman ini berdampak pada pola asuh yang cenderung otoritatif dan komunikasi satu arah dalam keluarga, yang berpotensi menimbulkan ketegangan relasi antara orang tua dan anak. Materi parenting juga belum menjadi bagian integral dalam program bimbingan pranikah. Temuan ini menegaskan pentingnya integrasi pembelajaran ilmu parenting dalam pendidikan pranikah untuk meningkatkan kesiapan psikologis dan emosional pasangan dalam membangun keluarga harmonis. Penelitian ini memberikan kontribusi konseptual terhadap penguatan kebijakan pendidikan keluarga di masyarakat urban Indonesia.

Kata kunci:  ilmu parenting; keharmonisan keluarga; bimbingan pranikah; komunikasi keluarga; masyarakat urban

References

Amita, N., & Wahyuningsih, H. (2020). Facilitative Parenting of Adolescent Self Disclosure. Psikologia: Jurnal Psikologi, 16(1), 35–50. https://psikologia.umsida.ac.id/index.php/psikologia/article/view/1578

Anjani, & Andayani. (t.t.). Efektivitas Gaya Pengasuhan Authoritative terhadap Regulasi Emosi Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 875–885. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.788

Badilag MA RI. (2023). Laporan Statistik Perkara Cerai Talak dan Cerai Gugat di Jakarta Selatan [Dataset]. https://badilag.mahkamahagung.go.id

Baumrind, D. (1971). Current patterns of parental authority. Developmental Psychology Monograph, 4(1), 1–103. https://doi.org/10.1037/h0030372

BKKBN. (2023). Laporan Tahunan Ketahanan Keluarga dan Peran Parenting. [Dataset]. https://bkkbn.go.id

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (4 ed.). Sage Publications. https://us.sagepub.com/en-us/nam/qualitative-inquiry-and-research-design/book246896

Denzin, N. K., & Lincoln, Y. S. (2018). The SAGE handbook of qualitative research (5 ed.). Sage Publications. https://us.sagepub.com/en-us/nam/the-sage-handbook-of-qualitative-research/book245616

Fitriyah, L., Sholihah, I., & Hasanah, H. (2024). Pendampingan dan Edukasi Orang Tua dalam Membangun Keseimbangan Emosional Anak di TPA Anak Salih Karanganyar, Probolinggo. Jurnal Sosial Humaniora, 9(1), 15–27. https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/soshum/article/view/2451

Grolnick, W. S. (2003). The psychology of parental control: How well-meant parenting backfires. Lawrence Erlbaum Associates. https://books.google.com/books/about/The_Psychology_of_Parental_Control.html?id=g4FgQgAACAAJ

Hotimah, N. (2019). Parenting Skills dalam Program Bimbingan Perkawinan: Studi Kasus di KUA Kecamatan Pamekasan. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 4(1), 30–42. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40798/

Ibn Qayyim al-Jawziyyah. (2003). Tuhfatul Maudud bi Ahkam al-Maulud (edisi terjemahan). Pustaka Azzam. Tuhfatul Maudud bi Ahkam al-Maulud (edisi terjemahan)

Ibnu Katsir. (t.t.). Tafsir al-Qur’an al-‘Azhim. Tafsir al-Qur’an al-‘Azhim

Lestari. (2016). Psikologi Keluarga: Penanaman Nilai dan Penanganan Konflik dalam Keluarga. Prenada Media. https://books.google.com/books?id=4VDODwAAQBAJ

Mahrudin, Ginanjar, & Rahman. (2024). The Role of Islamic Religious Education in Preventing Sexual Deviance among Urban Adolescents: A Qualitative Psycho-Religious Study. Jurnal Pendidikan Islam, 13(1), 1–18. https://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/JPI/article/view/10699

Mashudi, Y., Akin, M. A., & Susila, H. (2022). Peranan Bimbingan Pra Nikah dalam Membentuk Keluarga Harmonis. Al-Adl: Jurnal Hukum, 14(2), 180–193. https://journal.stishusnulkhotimah.ac.id/index.php/el-aailah/article/view/71

Maulida, N., & Nurhidayah, D. (2021). Efektivitas kelas pranikah dalam meningkatkan kesiapan peran pengasuhan. Jurnal Al-Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 45–58. https://doi.org/10.32923/altarbawi.v6i1.1423

Moleong, L. J. (2017). Metodologi penelitian kualitatif (ed. Revisi). Remaja Rosdakarya.

Neuman, W. L. (2014). Social research methods: Qualitative and quantitative approaches (7 ed.). Pearson Education Limited.

Olson, D. H., & Gorall, D. M. (2003). Normal family processes: Growing diversity and complexity (3 ed.). Guilford Press.

Osman, M. A., Saleh, A., & Mas’udi, W. (2024). Pedoman Penyelenggaraan Kursus Pra Nikah dalam Membentuk Keluarga Sejahtera. Jurnal Al Mikraj, 8(1), 100–112. https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/almikraj/article/view/4776

Rahmah, A., & Widyastuti, E. (2020). Faktor psikologis dan sosial yang mempengaruhi pola asuh orang tua. Jurnal Psikologi Teori dan Terapan, 10(2), 50–63. https://doi.org/10.26740/jptt.v10n2

Rosonah, A. F. (t.t.). Urgensi Program Pelatihan Parenting dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Orangtua dengan Anak. Al-Murabbi: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman, 5(2), 88–102. https://www.jurnal.stiti-kp.ac.id/index.php/murabbi/article/view/3503

Sapendi, & Suratman. (2024). This is how we are at home: Typology and shifting parenting authority in early childhood. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 10(1), 55–68. https://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/alathfal/article/view/9946

Setyowati, Y. D., Krisnatuti, D., & Hastuti, D. (2017). Pengaruh Kesiapan Menjadi Orang Tua dan Pola Asuh Psikososial terhadap Perkembangan Sosial Anak. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen, 10(1), 15–25. https://journal.ipb.ac.id/index.php/jikk/article/view/16839

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kualitatif, kuantitatif, dan R&D (2 ed.). Alfabeta.

Wulandari, D., & Prasetya, R. (2020). Pengaruh pendidikan parenting terhadap perilaku anak usia sekolah dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 25(3), 211–220. https://journal.um.ac.id/index.php/jip/article/view/15437

Yulianti, L., Supriyadi, & R, W. (2022). Efektivitas Pendidikan Pra Nikah Terhadap Persiapan Keluarga Harmonis. Jurnal Al-Afkar, Pemikiran Keislaman dan Tafsir Hadis, 5(1), 47–60. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/afkar/article/view/335

Downloads

Published

2025-10-02

Issue

Section

Articles