PENGARUH PEMBELAJARAN ILMU PARENTING SEBELUM MENIKAH TERHADAP KEHARMONISAN KELUARGA MASYARAKAT KEBAYORAN BARU
Studi Kualitatif pada Keluarga di Kecamatan Kebayoran Baru
DOI:
https://doi.org/10.46773/usrah.v6i4.2430Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh pembelajaran ilmu parenting sebelum menikah terhadap keharmonisan keluarga di wilayah urban, khususnya Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data diperoleh melalui wawancara semi terstruktur terhadap pasangan suami istri dan anak remaja dari tujuh keluarga informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar informan belum mendapatkan pembelajaran parenting secara formal sebelum menikah, dan pengetahuan yang dimiliki umumnya diperoleh dari pengalaman pribadi, media sosial, atau tradisi turun temurun. Minimnya pemahaman ini berdampak pada pola asuh yang cenderung otoritatif dan komunikasi satu arah dalam keluarga, yang berpotensi menimbulkan ketegangan relasi antara orang tua dan anak. Materi parenting juga belum menjadi bagian integral dalam program bimbingan pranikah. Temuan ini menegaskan pentingnya integrasi pembelajaran ilmu parenting dalam pendidikan pranikah untuk meningkatkan kesiapan psikologis dan emosional pasangan dalam membangun keluarga harmonis. Penelitian ini memberikan kontribusi konseptual terhadap penguatan kebijakan pendidikan keluarga di masyarakat urban Indonesia.
Kata kunci: ilmu parenting; keharmonisan keluarga; bimbingan pranikah; komunikasi keluarga; masyarakat urban
References
Amita, N., & Wahyuningsih, H. (2020). Facilitative Parenting of Adolescent Self Disclosure. Psikologia: Jurnal Psikologi, 16(1), 35–50. https://psikologia.umsida.ac.id/index.php/psikologia/article/view/1578
Anjani, & Andayani. (t.t.). Efektivitas Gaya Pengasuhan Authoritative terhadap Regulasi Emosi Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 875–885. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.788
Badilag MA RI. (2023). Laporan Statistik Perkara Cerai Talak dan Cerai Gugat di Jakarta Selatan [Dataset]. https://badilag.mahkamahagung.go.id
Baumrind, D. (1971). Current patterns of parental authority. Developmental Psychology Monograph, 4(1), 1–103. https://doi.org/10.1037/h0030372
BKKBN. (2023). Laporan Tahunan Ketahanan Keluarga dan Peran Parenting. [Dataset]. https://bkkbn.go.id
Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (4 ed.). Sage Publications. https://us.sagepub.com/en-us/nam/qualitative-inquiry-and-research-design/book246896
Denzin, N. K., & Lincoln, Y. S. (2018). The SAGE handbook of qualitative research (5 ed.). Sage Publications. https://us.sagepub.com/en-us/nam/the-sage-handbook-of-qualitative-research/book245616
Fitriyah, L., Sholihah, I., & Hasanah, H. (2024). Pendampingan dan Edukasi Orang Tua dalam Membangun Keseimbangan Emosional Anak di TPA Anak Salih Karanganyar, Probolinggo. Jurnal Sosial Humaniora, 9(1), 15–27. https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/soshum/article/view/2451
Grolnick, W. S. (2003). The psychology of parental control: How well-meant parenting backfires. Lawrence Erlbaum Associates. https://books.google.com/books/about/The_Psychology_of_Parental_Control.html?id=g4FgQgAACAAJ
Hotimah, N. (2019). Parenting Skills dalam Program Bimbingan Perkawinan: Studi Kasus di KUA Kecamatan Pamekasan. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 4(1), 30–42. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40798/
Ibn Qayyim al-Jawziyyah. (2003). Tuhfatul Maudud bi Ahkam al-Maulud (edisi terjemahan). Pustaka Azzam. Tuhfatul Maudud bi Ahkam al-Maulud (edisi terjemahan)
Ibnu Katsir. (t.t.). Tafsir al-Qur’an al-‘Azhim. Tafsir al-Qur’an al-‘Azhim
Lestari. (2016). Psikologi Keluarga: Penanaman Nilai dan Penanganan Konflik dalam Keluarga. Prenada Media. https://books.google.com/books?id=4VDODwAAQBAJ
Mahrudin, Ginanjar, & Rahman. (2024). The Role of Islamic Religious Education in Preventing Sexual Deviance among Urban Adolescents: A Qualitative Psycho-Religious Study. Jurnal Pendidikan Islam, 13(1), 1–18. https://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/JPI/article/view/10699
Mashudi, Y., Akin, M. A., & Susila, H. (2022). Peranan Bimbingan Pra Nikah dalam Membentuk Keluarga Harmonis. Al-Adl: Jurnal Hukum, 14(2), 180–193. https://journal.stishusnulkhotimah.ac.id/index.php/el-aailah/article/view/71
Maulida, N., & Nurhidayah, D. (2021). Efektivitas kelas pranikah dalam meningkatkan kesiapan peran pengasuhan. Jurnal Al-Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 45–58. https://doi.org/10.32923/altarbawi.v6i1.1423
Moleong, L. J. (2017). Metodologi penelitian kualitatif (ed. Revisi). Remaja Rosdakarya.
Neuman, W. L. (2014). Social research methods: Qualitative and quantitative approaches (7 ed.). Pearson Education Limited.
Olson, D. H., & Gorall, D. M. (2003). Normal family processes: Growing diversity and complexity (3 ed.). Guilford Press.
Osman, M. A., Saleh, A., & Mas’udi, W. (2024). Pedoman Penyelenggaraan Kursus Pra Nikah dalam Membentuk Keluarga Sejahtera. Jurnal Al Mikraj, 8(1), 100–112. https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/almikraj/article/view/4776
Rahmah, A., & Widyastuti, E. (2020). Faktor psikologis dan sosial yang mempengaruhi pola asuh orang tua. Jurnal Psikologi Teori dan Terapan, 10(2), 50–63. https://doi.org/10.26740/jptt.v10n2
Rosonah, A. F. (t.t.). Urgensi Program Pelatihan Parenting dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Orangtua dengan Anak. Al-Murabbi: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman, 5(2), 88–102. https://www.jurnal.stiti-kp.ac.id/index.php/murabbi/article/view/3503
Sapendi, & Suratman. (2024). This is how we are at home: Typology and shifting parenting authority in early childhood. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 10(1), 55–68. https://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/alathfal/article/view/9946
Setyowati, Y. D., Krisnatuti, D., & Hastuti, D. (2017). Pengaruh Kesiapan Menjadi Orang Tua dan Pola Asuh Psikososial terhadap Perkembangan Sosial Anak. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen, 10(1), 15–25. https://journal.ipb.ac.id/index.php/jikk/article/view/16839
Sugiyono. (2018). Metode penelitian kualitatif, kuantitatif, dan R&D (2 ed.). Alfabeta.
Wulandari, D., & Prasetya, R. (2020). Pengaruh pendidikan parenting terhadap perilaku anak usia sekolah dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 25(3), 211–220. https://journal.um.ac.id/index.php/jip/article/view/15437
Yulianti, L., Supriyadi, & R, W. (2022). Efektivitas Pendidikan Pra Nikah Terhadap Persiapan Keluarga Harmonis. Jurnal Al-Afkar, Pemikiran Keislaman dan Tafsir Hadis, 5(1), 47–60. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/afkar/article/view/335
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Alfian Nawary, Teguh Dwi Cahyadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
![]()
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



